Thursday, March 3, 2016

Manfaat daun meniran untuk kesehatan

Daun meniran merupakan salah satu daun yang dapat dimanfaatkan untuk obat. Daun meniran ini memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa kandungan yang terdapat di dalam daun meniran, hinokinin, garlic acid, phyllanthin, rutin quercitrin. Pada akar tumbuhan meniran memiliki beberapa kandungan senyawa, diantaranya astragalin, isoquercetin, flavonoid dll. Dan untuk bijinya sendiri mengandung asam linoleate dan asam ricinoleat.

Bagi kesehatan, tanaman ini sangat baik untuk dikonsumsi, namun untuk ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun meniran. Perlu diketahui dan diwaspadai bahwa penggunaan daun meniran dengan durasi yang lama dapat mengakibatkan gagal ginjal serta disfungsi ereksi. Meniran sendiri merupakan salah satu tanaman yang memiliki sifat antibakteri. Sifat ini muncul disbebakan oleh ekstrak methanol.

Meniran berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, ini memrupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh meniran yaitu sifat immunomodulator. Khasiat lain dari meniran yaitu membantu mengatasi kanker. Dengan mengkonsumsi meniran dapat membantu untuk menghancurkan sel kanker.

Disamping itu meniran juga membantu untuk mengatasi diabetes. Kandungan phyllanthin dari meniran mampu membantu untuk menurunkan kadar gula darah. Penyakit lain yang dapat diatasi dengan daun meniran adalah hepatitis B. system kekebalan tubuh penderita TB dapat diatasi dengan mengkonsumsi meniran. Cara kerjanya adalah membantu meningkaktkan CD4 limfosit T. Dengan rajin mengkonsumsi daun meniran dapat membantu untuk mempercantik kulit anda.

Berikut akan dijelaskan mengenai pengobatan batu ginjal menggunakan meniran:

· Siapkan daun kumis kucing 25 gr yang sudah dicuci sampai bersih

· Daun ngilo 25 gr kemudian dicuci bersih

· 25 gr daun keji beling

· 25 gr daun meniran

Pembuatannya, rebus dalam panic dengan air sebanyak 4 gelas dan minum air rebusan tadi dalam sehari.

Pengobatan sakit encok:

· Daun kumis kkkucing 30 gr

· Daun meniran 30 gr

Cara pembuatan, rebus dengan 3 gelas air. Tunggu sampai air tersisa 1,5 gelas. Selesai direbus diamkan sampai dingin lalu minum sehari 3 kali. Takaran sekalu minumnya adalah ½ gelas.

No comments:

Post a Comment